Selasa, 26 Mei 2015

Menyambut Kehadiran si Kecil. Yuk belanja baju bayi!

Hey dear...
Long time nggak ngeblog, tetiba pengen nulis sesuatu. Yang pengen dibagi sih banyak, tapi let's see lah nanti yang terealisasi :D

Pengen share tentang persiapan menyambut kelahiran first baby nih dear. Soalnya inget banget kemarin lumayan rempong nyari referensi kesana kemari. Kali ini saya fokusin ke mempersiapkan baju bayi. Next time akan saya bahas persiapan-persiapan yang juga nggak kalah penting.

Ini nih dear beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membeli baju.
1. Budget
First step yang kudu dilakuin adalah tentukan berapa anggaran yang akan digunakan untuk membeli baju-baju bayi. Dalam hal ini kudu disiplin ya dear. Kalo nggak, bisa berabe :)
2. Cari referensi harga
Penting banget nih dear, terutama buat yang budgetnya emang mepet. Referensi bisa diperoleh dari internet, nanya tetangga, nanya kakak, atau siapa gitu yang sudah punya pengalaman baju bayi sebelumnya. Bisa juga langsung survei harga ke beberapa baby shop *kalo ini dibutuhkan mental berani malu juga ahihihihi...
Semakin banyak referensi, makin bagus. Dengan begitu, kita akan lebih mudah memutuskan akan berbelanja dimana. Tentunya cari yang berkualitas tapi murah *prinsip emak-emak
3. Tempat belanja
Toko perlengkapan bayi sekarang ini sangat banyak.  Jadi kudu pinter-pinter milih toko bayi mana yang akan dijadikan destinasi belanja.Biasanya sih milih tempat belanja yang jaraknya tidak terlalu jauh dari rumah atau kantor, mengingat kita lagi hamil. Selain itu, pilih tempat yang nyaman, sesuai dengan anggaran belanja. Bisa juga belanja online. Pokoknya sesuaikan saja.
4. Buat daftar kebutuhan
Urutkan daftar kebutuhan si kecil, mulai dari yang super duper penting, penting, agak penting, nggak penting-penting amat, dst :) Buat daftar sedetail mungkin, termasuk banyaknya barang yang akan dibeli. Sertakan juga estimasi harganya. Daftar bisa dibuat jauh hari sebelum berbelanja. Jadi nggak ada kebutuhan yang terlewat.

Nah, kalo sudah kumplit preparation nya, let's go! Kita shoppiiiiiiing....

Daftar (faktual) baju bayi buat Aldea
1. Gurita - 6 pcs
Sekarang banyak juga yang nggak menyarankan pemakaian gurita. Tapi berhubung orang tua saya menginstruksikan untuk memakaikan gurita, yowes dituruti :). Oiya, gurita bayi ada 2 macam, ada yang pake tali-tali, ada yang pake perekat. Kalo saya pribadi sih prefer gurita tali.
2. Popok - 2 lusin
Banyaknya popok yang dibeli disesuaikan dengan kebutuhan. Pengalaman saya sih 2 lusin cukup, tapi memang harus rajin-rajin nyuci ;) Kalo berniat pake diapers, bisa diskip.
3. Baju kutung - 6 pcs
4. Baju lengan pendek - 6 pcs
5. Baju lengan panjang - 6 pcs
Banyaknya baju bisa disesuaikan. Kebetulan Aldea pas bayi tinggal di Jakarta yang cuacanya cukup panas. Jadi baju lengan panjangnya jarang banget (atau ga pernah ya) kepake.
6. Bedong bayi - 6 pcs
Membedong bayi bertujuan untuk menghangatkan bayi. Kalau cuaca cukup panas, tidak perlu dibedong. Oiya, sekarang ada juga bedong instan loh. Kayak wrap gitu langsung nempel ke bayi. Persis kepompong :)
7. Sarung tangan kaki - 6 set
8. Topi bayi - 2 pcs
Ga kepake, soalnya Aldea ga mau dipakein topi :(
9. Stelan baju bepergian - 2 stel
Pas saya baca-baca sih perlu baju bepergian yang bakal dipake pas pulang dari rumah sakit atau klinik. Tapi faktanya sih Aldea pulang dari bidan cuma pake baju kutung :D
10. Celana bayi / celana kodok
Baru kepake pas Aldea udah umur beberapa bulan.
11. Alas ompol - 2 lusin
Beli sekalian yang tebel dan empuk aja, biar bisa nyerap ompol sekaligus empuk buat bayi. Saya salah beli. Udah tipis, bahannya nggak nyerep. Hehehe,,maklum anak pertama.

Emm,,kayaknya sih segitu aja kebutuhan bayi yang saya beli buat persiapan kelahiran Aldea. Tadinya mau share harga juga, tapi nyari-nyari struk belanja nggak ketemu. Nanti deh klo ketemu akan saya share.
Semoga bermanfaat^^

1 komentar:

  1. Bingung mau ngapain? mendingan main games online bareng aku?
    cuman DP 20rbu aja kamu bisa dapatkan puluhan juta rupiah lohh?
    kamu bisa dapatkan promo promo yang lagi Hitzz
    yuu buruan segera daftarkan diri kamu
    Hanya di dewalotto
    Link alternatif :
    dewa-lotto.name
    dewa-lotto.com

    BalasHapus